Apa itu Naengmyeon?


Makan mie kuah panas paling enak disantap dalam cuaca dingin ditambah sambal biar makin pedas. Tapi kalian pernah kebayang gak sih menyantap mie dalam keadaan dingin?

Ternyata mie dingin cukup umum ditemukan di Korea Selatan. Di Korea, mie dingin biasa disebut dengan Naengmyeon. Kalau kamu penasaran dengan penjelasan mie dingin Korea beserta rasanya, yuk simak ulasan berikut ini.

\




Sama seperti beberapa mie pada umumnya, naengmyeon adalah mie dingin Korea terbuat dari mie kenyal soba dan tepung kentang dengan kuah kaldu sapi atau dongchimi. Biasanya naengmyeon memiliki beberapa topping seperti acar, timun, daun bawang, telur dan daging.

Mie dingin sangat populer lho di Korea, khususnya ketika musim panas untuk mendinginkan tubuh di cuaca yang panas. Tadinya mie dingin ini malah populer saat musim dingin, namun seiring berjalannya waktu, mie dingin jadi populer ketika musim panas.

Nah naengmyeon itu sendiri memiliki 2 tipe yang berbeda, yaitu mul naengmyeon (물냉면) dan bibim naengmyeon (비빔냉면). Cara membuatnya sama, namun yang membedakan ialah bibim naengmyeon disajikan dengan saus pedas.

Mul naengmyeon disajikan dengan kuah kaldu daging atau dongchimi. Mul naengmyeong juga dikenal dengan sebutan Pyongyang naengmyeon (평양냉면) 

Selain rasa pedas pada kuah, perbedaan lain dari mul naengmyeon dan bibim naengmyeon ialah tekstur dari mie. Mie pada mul naengmyeon biasanya terbuat dari lebih banyak soba dibandingkan pati (starch) dan dinikmati menggunakan kuah dongchimi dingin.

Sedangkan bibim naengmyeon kebanyakan dibuat dari tepung kentang, jadi mie nya terasa lebih kenyal dan bentuknya lebih kecil. Mie dingin Korea juga dijual secara instant yang langsung bisa dibikin dirumah, mereka menyajikan dalam keadaan beku atau kuahnya ditambah es batu.

Komentar

Postingan Populer